rss

Senin, 02 November 2009

MENGAJARKAN ANAK SOPAN SANTUN

“Pagi semua!”
Kata Selvia melihat bapak ibu gurunya yang sedang berada dihalaman sekolah.
Seorang ibu berbisik pada yang lain.
“Aduh anak ini gak sopan banget sih dengan gurunya…, memang nya kita temennya apa?” Ujarnya lagi.
Beberapa anak menghampiri bapak ibu gurunya untuk bersalaman dan mengucapkan selamat pagi. Tidak dengan Selvia, dia mengucapkan selamat pagi sambil lalu dan melambai tangan.


Sopan atau tidak sopankah tindakan selvia?. Sopan memang tidak punya ukuran yang ‘saklek’ atau ‘pasti’ seperti 1 + 1 = 2. Sopan, berbeda, Ini dipengaruhi oleh berbagai factor, seperti adat, kebiasaan, budaya, daerah, waktu. Setiap Individu pun mempunyai standartnya masing – masing.

Mengajarkan anak bersikap sopan haruslah dimulai sejak dia masih kecil. ‘Sikap Sopan’ bukan dilahirkan tetapi sesuatu yang diajarkan dari kecil, berulang-ulang. Jika anak mampu bersikap sopan, ini akan memudahkannya untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Ajarkanlah ‘Bersikap sopan’ Mulai dari hal kecil
Seperti

- Mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang lain.
- Ajarkan untuk selalu berterimakasih setiapa kali ada yang memberi entah barang atau penghargaan.
- Jika sedang bertamu, ajarkan anak untuk duduk dengan rapi, ajarkan untuk mengambil suguhan jika sudah ditawari tuan rumah.
- Ajarkan untuk berkata dengan halus (tidak membentak) ketika ada orang yang menegur
- Jangan biarkan anak membuang sampah sembarangan (misalnya: ketika di mobil, jangan biarkan anak membuang sampah dari jendela mobil) Biasakan anak membuang sampah ditempatnya.
- Ajarkan menelpon dengan sopan

Masih banyak sekali contoh-contoh yang lain yang tidak disebutkan disini. So parents, have your children had good manners? Lets teach them.

26 talks:

mendjaya on 2 November 2009 17.11 mengatakan...

weleh...aku bisa bljr sopan donk dsini..hehe..
makasih bu :D

denadnan on 2 November 2009 17.12 mengatakan...

memang kebiasaan baik harus kita tanamkan sejak dini kepada anak2 kita, kejujuran, kesopanan dan tentunya beribadah kepada Tuhan. makasih info bu guru. sukses yaa...

Hitler Jr. on 2 November 2009 17.17 mengatakan...

jadi inget dloe waktu kecil nich... hiks...hiks..

asep canda on 2 November 2009 18.17 mengatakan...

ya betul banget mbak harus dari kecil ya di ajarinnya kalau udah gede susah banget tuh heheheheh

lovablebeauty on 2 November 2009 18.20 mengatakan...

@wega; banyak sekarang yang gak sopan heheh
@Denad: bener banget
@Jaiman: hayo waktu kecil sopan gak?
@asep: bener asep ...

Andi Wong on 2 November 2009 18.38 mengatakan...

iya bu' Guru..kn gw inget nasihatnya.. gw kan murid teladan.. wkwkwkwk :D

Muchlisin on 2 November 2009 19.31 mengatakan...

Terima kasih tipsnya Bu Guru

Yun on 2 November 2009 22.03 mengatakan...

bunur tuh... emg hrs gt.. igt teori tabularasa. ad rasa stroberi,anggur, dll. wuehehe... tp kdg ygtua sikapx g djaga, jd otomatis dcopas ma ankx.. luv u momma..

two on 2 November 2009 22.19 mengatakan...

waow,,,, mantap tuh boss

mas doyok on 2 November 2009 22.33 mengatakan...

saya anak yang sopan
pemuda yang sopan
dan akhiranya
bapak bapak yang sopan
hingga
kake kakek yang sopan

prafangga punya on 2 November 2009 22.56 mengatakan...

setuju anak musti diajarkan sopan santun sedini mungkin.
biar kayak om prafangga

Maswafa on 3 November 2009 05.34 mengatakan...

wah saya ajarkan pada anak saya [hahaha]

Wafaulhimam's Blog on 3 November 2009 05.35 mengatakan...

free download software loh disini, full kabeh!!!

udin. on 3 November 2009 05.35 mengatakan...

wah postingan yg sangat mendidik

Ocim on 3 November 2009 05.39 mengatakan...

postingan yang menarik , lumayan ilmu tuk anak saya nanti hehe

netmild on 3 November 2009 05.41 mengatakan...

setuju sob ane dukung 100% mengajarkan anak bersikap sopan santun

ipenk on 3 November 2009 05.48 mengatakan...

ak jg anAk yg sopan!!hehehe

KzR on 3 November 2009 06.36 mengatakan...

nice post...

alfi on 3 November 2009 20.21 mengatakan...

maksih tipsnya,,,,
slm knl..

roomen on 3 November 2009 21.04 mengatakan...

roomen lom punya anak bu,,,, hahahahhaaha,, anak angkat ada,,, xixixixix

Wanderer on 3 November 2009 21.27 mengatakan...

Thats right, we must to give a polite for our student

secangkir teh dan sekerat roti on 4 November 2009 00.38 mengatakan...

penting sekali, karena hampir sebagian anak sekarang gak didik untuk bersopan santun...
terkesan membiarkan begitu orang tua

edu on 4 November 2009 04.47 mengatakan...

berbuat sopan tu sangat lah wajib......bukan anak kecil aja... kita2 yang sudah dewasa juga harus buarbuat sopan ma orang yang lebih tua.... ya gak? memang kita harus mebiasakan anak berlaku sopan sejak dini... eh ya salam kenal dari Edu ya.... tukeran link ya link udah aku pasang... semoga menjadi persahabatan yang erat antar bloger

Mayyadah on 4 November 2009 08.40 mengatakan...

terlihat sepele, tapi begitu mendasar buat kepribadian anak kelak^^

filmku filmmu on 4 November 2009 12.59 mengatakan...

mengajarkan sambil download film
tontonan bimbingan orang tua wajib di ajarkan sejak dini

lusi on 5 November 2009 08.57 mengatakan...

Good one :)


Posting Komentar

need visiitors, go to jalanblogger

Your message

Beli buku???


Masukkan Code ini K1-544CBE-1
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
 
thanks you for coming, don't forget to come back another days, i love you full

will you follow me?