RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .......
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : VII/ Gazal
Alokasi Waktu : 2 X 40
Pertemuan ke- : 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar :
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
3.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:
1. Merespon makna yang melibatkan tindak tutur meminta maaf, dan mengungkapkan kesopanan
2. Mengungkapakan makna yang melibatkan tindak tutur meminta maaf dan mengungkapkan kesopanan
Materi Ajar :
Asking apologies: Respond
- Sorry - It’s ok
- I’m really sorry - That’s alright
- I’m terribly sorry - Never mind
Expression of politeness
- Excuse, may I …
- Could you …
- Would you mind if,…
- Sit down, please
Strategi Pembelajaran: Siklus lisan
a. Metode : Modelling, learning community
b. Media : Kaset, Gambar, dan dialog berisi ungkapan meminta maaf dan mengungkapkan kesopanan
c. Urutan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Uraian Waktu
1. Pendahuluan
Siswa memperhatikan guru memakai ungkapan-ungkapan meminta maaf dan kesopanan
Siswa mengidentifikasikan ungkapan-ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesopanan
Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
10 menit
2. Penyajian
Siswa mengidentifikasi ungkapan-ungkapan lain yang menggunakan ungkapan meminta maaf dan kesopanan
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks lisan
Siswa melakukan dialog menggunakan ungkapan meminta maaf dan kesopanan
60 menit
3. Penutup
Siswa menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini
Guru bersama siswa mengungkapkan keuntungan dan kendala dalam pelajaran hari ini
Siswa diberi kesempatan bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi tugas berupa Performance: berdialog pendek didepan kelas dengan menggunakan ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesopanan
10 menitSumber Belajar : Buku ‘Smart Steps 1’ dan Let’s Talk grade 7
Penilaian : Tugas: Performance, melakukan dialog
Agustus 2006
0 talks:
Posting Komentar